Selasa, 21 Oktober 2008

E-MarketPlace (Tugas E-Technology)

Anry Fondaris - 51006007
Kelvin - 51006024
Samuel - 51006042

Bab I
Pendahuluan


Latar Belakang
Dunia Teknologi Informasi sangat berkembang pesat akhir – akhir ini seiring dengan perkembangan Teknologi Internet. Aktifitas bisnis menjadi lebih efisien dan luas dalam memperkenalkan bisnis / usaha anda ke banyak client secara global tanpa ada batasan jarak dan regional. E-MarketPlace diharapkan menjadi solusi dalam mengefisienkan kegiatan antara penjual dan pembeli.

1. Definisi
E-Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar. Sedangkan bagi supplier/penjual dapat mengetahui perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk/jasa mereka.

E-MarketPlace merupakan model E-Business yang berhubungan dengan penjual dan pembeli (seller & buyer). E-MarketPlace di Indonesia merupakan salah satu media penggerak ekonomi nasional dalam rangka menghadapi era globalisasi. Untuk itu, perlu dikembangkan E-MarketPlace yang teratur, wajar dan efisien.
Pada umumnya E-MarketPlace yang efisien dapat meningkatkan iklim investasi di perusahaan dan memudahkan arus input output barang.

E-MarketPlace yang kami rancang ditujukan sebagai gambaran khusus dari E-MarketPlace, dimana penjual dan pembeli dikhususkan dibidang transaksi barang dagangan. Jadi sistem yang dibuat digunakan sebagai perantara (B2B).


2. Tujuan
- Untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli dalam suatu cakupan wilayah (MarketPlace) untuk melakukan transaksi.
- Untuk memudahkan informasi mengenai kegiatan transaksi dan arus barang.
- Mengetahui apakah kegiatan perdagangan yang terjadi sudah berjalan secara efisien, apabila ditinjau dari besarnya biaya yang harus ditanggung.

3. Visi
Pengembangan sistem E-MarketPlace dalam menghubungkan setiap pelaku bisnis perdagangan, maka E-marketplace dapat memberikan kemudahan dalam proses transaksi barang dagangan.

Bab II
Tulisan / Penelitian Yang Terkait

Pendapat I
E-MarketPlace for countries with digital divide Moving eMarketPlace closer to Communities (Panelist: Rudy Rusdiah Indonesia)

Fokus dari situasi E-MarketPlace adalah bukan untuk model bisnis portal. Dimana E-Place yang sederhana akan sangat mendekatkan antara pembeli dan penjual (eceran), di mana tempat pemesanan dan komoditi yang ditawarkan berada dalam suatu E-Market.

Pendapat II
E-MarketPlace sebagai sarana transaksi lelang online (Rudy Adipranata)
Email : rudya@petra.ac.id

Secara Umum, transaksi lelang dan transaksi jual beli produk dilakukan secara tradisional dimana para pembeli dan penjual atau pelaku lelang bertemu secara langsung dan melakukan transaksi terjadi pada saat itu. Hal ini mempunyai banyak kelemahan diantaranya adalah masalah waktu yang mungkin sangat jauh sehingga membutuhkan biaya perjalanan dan kelemahan lainnya.
Karena adanya kelemahan pada sistem tradisional tersebut, maka pada penelitian ini dikembangkan suatu aplikasi E-MarketPlace untuk transaksi jual beli dan lelang online berbasis web. Apikasi E-MarketPlace yang dibuat ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat memudahkan pencarian informasi tentang produk yang ditawarkan (offer to buy), dicari (offer to sell) dan produk yang dilelang. Aplikasi E-MarketPlace ini juga memudahka user dalam melakukan pencarian informasi, dengan adanya fasilitas pencarian.

Fokus E-MarketPlace
E-MarketPlace yang ditawarkan pada kedua pendapat ahli di atas, ditujukan pada kegiatan transaksi yang dilakukan oleh seorang penjual kepada beberapa pelanggannya pada sistem-nya. Keuntungan yang diperoleh dari E-MarketPlace yang ditawarkan adalah:
- Pembeli
o Mempermudah pencarian dan pembandingan produk.
o Pembeli mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persaingan harga secara global.
o Mengurangi biaya pengadaan barang
- Penjual
o Mempermudah pencarian pembeli-pembeli baru
o Penjual dapat menawarkan produk andalannya
o Mengurangi biaya transaksi dan sales
o Dapat menjadi sarana promosi produk, sehingga menghemat biaya promosi
Kedua contoh di atas mencakup secara luas informasi dari produsen-konsumen dan tidak membahas secara detail. Contoh di atas berkisar pada penawaran penjual saja, sehingga tidak terjadi kegiatan yang bersifat interaktif.
Pada E-MarketPlace yang kami rancang ditujukan pada kegiatan bisnis many to many dimana terdapat banyak penjual yang menawarkan barangnya dan pembeli dapat memilih barang sesuai kebutuhan dan daya belinya. Kami menintik-beratkan pada produsen, yakni mengorbitkan produk yang menjadi andalan, sedangkan dari konsumen kami memaparkan permintaan atas kebutuhan konsumen dengan menawarkan kualitas barang yang sesuai dengan daya beli konsumen. Fokus E-MarketPlace kami lebih menekankan agar terjadinya transaksi dan komunikasi yang interaktif antara penjual dan pembeli.

BAB III
KETERSEDIAAN TEKNOLOGI

§ Teknologi Saat ini
Lelang2000.com adalah MarketPlace Indonesia dan berbahasa Indonesia dimana para penjual dan pembeli dapat saling tawar-menawar untuk beragam jenis barang atau produk seperti: handphone, komputer, atau jenis lainnya. e-Bay adalah MarketPlace yang bersifat internasional dan secara default (standard) berbahasa Inggris namun ada beberapa pilihan region dan disesuaikan dengan bahasa region tersebut. Melalui e-Bay, penjual dan pembeli dapat memberikan penawaran untuk produk mulai dari kacamata, perangkat jaringan, TV, VCD player, dan lain sebagainya. MarketPlace lainnya adalah seperti Amazon.com dan Barnes & Noble yang lebih terfokus pada penjualan buku-buku, juga MarketPlace spesifik untuk telekomunikasi seperti Band-x.com, arbinet.com, dan lain sebagainya.
Perkembangan E-MarketPlace ini ditujukan untuk mempertemukan antara pembeli dan penjual dalam suatu tempat pertemuan (gedung atau convention hall) seperti mengadakan seminar atau pertemuan distributor. Kegiatan ini diperuntukan bagi kegiatan offline, sedangkan untuk kegiatan online dilakukan pertemuan melalui media internet dalam suatu website yang kami rancang.
Komponen utama dan pemain dalam marketplace adalah customer, penjual, barang, dan jasa (fisikal atau digital), infrastruktur, front end, back end, perantara, partner bisnis lainnya, dan jasa pendukung.
§ Customer / Pembeli
10 juta orang di dunia ini yang membuka internet merupakan pembeli potensial atas barang dan jasa yang ditawarkan atau diiklankan di internet. Pembeli mencari perbandingan harga, barang sesuai pesanan, barang kolektor, entertainment, dan lain-lain. Mereka adalah pengemudi. Mereka bisa mencari informasi yang detail, membandingkan, menawar, dan terkadang bernegosiasi.
§ PenjualBerjuta orang terdaftar di website mempromosikan dan menawarkan berbagai variasi barang. Setiap hari terdapat penawaran baru baik dari produk dan jasa. Penjual bisa menjual langsung dari website mereka atau dari e-MarketPlace.
§ Produk dan Jasa
MarketPlace ini juga menjual produk digital, dimana barang bisa ditransformasi ke format digital dan diberikan melalui internet. Penyampaian bisa dalam bentuk software, music dan terdapat kemungkinan untuk mengirim produk dan jasa lainnya.Pada hal ini, biasanya biaya adalah tetap. Meskipun demikian, keuntungan bisa meningkat begitu cepat.
§ InfrastrukturInfrastruktur MarketPlace meliputi jaringan elektronik, hardware, software, dan lain-lain.
§ Front end
Customer berinteraksi dengan MarketPlace melalui front end. Komponen dari front end bisa meliputi pintu gerbang penjual, katalog elektronik, shopping cart, search engine, dan pintu pembayaran.
§ Back end
Semua aktivitas berhubungan dengan agregasi pesanan dan pemenuhan, manajemen persediaan, pembelian dari supplier, accounting, keuangan,proses pembayaran, packaging, pendistribusian yang dinamakan back end dari sebuah bisnis.
§ PerantaraDalam marketing, perantara merupakan orang ketiga yang mengoperasikan hubungan antara penjual dan pembeli. Perantara menawarkan jasa mereka dalam web. Peranan dari perantara disini berbeda dengan peranan perantara pada umumnya. Perantara online menciptakan dan mengatur pasar online. Mereka membantu mencocokkan pembeli dan penjual, menyediakan jasa infrastruktur, dan membantu customer dan atau penjual dalam menyelesaikan transaksi.
§ Partner Bisnis lainnya
Selain perantara, terdapat beberapa tipe partner bisnis, seperti pengiriman yang berkolaborasi melalui internet, dan partner lain yang biasanya berkaitan dengan supply chain.
§ Jasa pendukung
Banyak jasa pendukung yang tersedia, mulai dari pengesahan sertifikat, jaminan orang ketiga, sampai penyedia layanan.

§ Ketersediaan Perangkat
Perangkat yang kami gunakan berupa :
§ Jaringan internet (online service)
§ Website sebagai katalog online
§ Perangkat komputer server dan modem
§ Data server (tempat penyimpanan pelaporan arus data dari sub-sub system dan rekan kerja)
§ Gedung atau convention centre (offline service), dalam hal ini dikhususkan pada kantor pusat yaitu di wilayah sulawesi selatan, tepatnya di Makassar
§ Sistem dari E-Banking, untuk tujuan payment gateway atau pembayaran dan E-Transport, untuk jasa pegiriman barang hasil transaksi yang telah disepakati
§ Sistem membership, yang berisi tentang data seller dan buyer yang lebih dikhususkan dalam penyampaian informasinya.

§ Ketersedian Info Pendukung
Ketersediaan info pendukung yaitu sistem E-MarketPlace yang terhubung dengan database yang telah diotomatisasikan dalam media penyimpanan, dengan menyediakan pelaporan data secara berkala.
Sistem E-MarketPlace kami memiliki bukti sertifikasi dari pemerintah Indonesia sehingga dijamin tidak akan cacat hukum. (E-Government)Kami juga melakukan survey kepada sellers yang akan menawarkan barangnya dan melakukan perjanjian tertulis secara rinci. Sehingga buyers memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dalam membeli produk yang ditawarkan.

BAB IV
APLIKASI YANG TERSEDIA

Manajemen paket aplikasi yang dibutuhkan dalam membangun suatu
E-MarketPlace yang online adalah sebagai berikut
· Domain name
Virtual Domain Site (http://www.marketplaces.com/), unique IP Address (IP address yang mudah dikenali), dan domain name registration (nama domain yang telah terdaftar)
· Web pages
· ForumDengan forum pengunjung / pelanggan dapat memberikan tanggapan, saran, dan pertanyaan mereka.
· Modul Manajemen Katalog Produk
· Shopping Cart Management
· Payment Gateways
· Search engine
· Form Feedback
· Maintenance4 bulan sekali dilakukan perbaikan dan pengembangan sistem lama.
· Site Promotion
Melakukan promosi melalui media elektronik lainnya.
· SupportAdanya ketersediaan informasi penolong (help) 24 jam sehai / 7hari seminggu , e-mail support.

Dalam perancangan dan pembuatan aplikasi dari E-MarketPlace ini diperlukan beberapa aplikasi pendukung yang tersedia saat ini, adapun aplikasi-aplikasi tersebut antara lain :
· Macromedia Dreamweaver MX versi 6.0
Aplikasi ini digunakan dalam pembuatan interface MarketPlace dalam bentuk halaman web.
· SwiSH versi 2.0
Digunakan dalam animasi desain halaman web, sebagai aplikasi tambahan.
· Apache
Sebagai aplikasi web server
· PHP MyAdmin 2.11.4 dan Heidi SQL
Sebagai aplikasi database dan SQL

BAB V
INFORMASI SECARA GLOBAL


Seperti yang kita ketahui pengembangan sistem dilakukan karena adanya kerusakan atau kekurangan pada sistem yang lama. Di samping itu pengembangan dapat dilakukan untuk menambah fitur-fitur dan layanan yang baru dalam suatu sistem (maintenance). Pengembangan sistem E-Marketpalce kami dimulai dari adanya maintenance membership secara berkala, kemudian layanan baru yang mungkin akan ditambahkan seiring dengan adanya kontrak kerja baru dengan instansi yang mendukung E-Matketplace ini.

Setiap orang yang ingin menjadi member harus membayar sejumlah uang melalui payment gateway atau melakukan transfer via ATM melalui bank yang telah menjadi rujukan kami. Jika pembeli telah terdaftar sebagai member maka sistem kami akan memberikan layanan produk khusus berupa informasi detail mengenai perusahaan yang di ajak kerjasama. Selain itu jika membership buyer dan seller telah bertransaksi maka kami juga akan mendapat fee (persenan) sesuai kesepakatan kerja dengan membership seller. Untuk pengiriman barang kami bekerja sama dengan E-Transport untuk membantu membership seller menyalurkan barang.

Sistem ini ke depannya jika berkembang dapat menghubungkan semua sektor bisnis melalui media online, teknologi-teknologi di belakang suatu sistem dari domain dapat saling bekerja sama dengan E-Marketplace dengan otomatisasi.

Dari munculnya elektronik marketplace, terutama internet merubah beberapa hal dalam proses untuk trading dan supply chain.
1. Informasi yang lebih bagus dalam lingkungan bertransaksi & hubungan.
2. Biaya untuk mencari informasi yang lebih rendah untuk buyer.
3. Menghilangkan informasi yang membingungkan bagi seller & buyer.
4. Pembeli dan penjual bisa berada di tempat yang berbeda.

Jadi semua proses yang terjadi dalam sistem E-Marketpalce jelas alurnya dan mudah digunakan, selain itu terjamin keamanannya oleh adanya lisensi dari pemerintah.

Dalam waktu tertentu pihak membership akan dipertemukan di gedung convention centre yang telah ditentukan, sehingga membership seller dan buyer dapat saling menegosiasikan harga dengan lebih baik. Sehingga infomasi yang diperoleh melalui media kami dapat ditampilkan sesuai dengan kenyataan yang ada. Hal ini jelas karena ketika buyer meminta layanan ke sistem, E-Marketplace akan menanyakan spesifikasi barang yang diinginkan beserta kualitasnya yang terotomatisasi dengan membership pemasok. Untuk penambahan alat (device) ke depannya disesuaikan dengan kesanggupan perangkat sistem E-Marketplace memenuhi layanan yang akan diberikan kepada membership. Seperti: penambahan data server. Selain itu yang paling penting penambahan security yang berlapis-lapis untuk menjamin keamanan dalam sistem E-Marketpalce kami.

Kamis, 09 Oktober 2008

Cara Kerja Blog G

blog adalah sebuah situs web, yg biasanya dikelola oleh seseorang, berisi masukan berupa komentar,penjelasan peristiwa,atau lain - lainnya seperti gambar atau video. "blog" juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk memelihara atau menambahkan konten ke blog. blogging adalah penulisan Esai. ban blogger adalah org - org yg bekerja dlm suatu blog.

blog ini bekerja seperti hal nya blog - blog lainnya. nothing difference. buat tulisan,paste informasi - informasi,atau memasukkan gambar/video. cara melakukannya pun mudah di pahami,karena telah di lengkapi dengan toolbar yg memudahkan blogger untuk memasukkan informasi".